Memperbaiki Komputer Sering Restart

 
Diantara beberapa masalah atau kerusakan yang sering terjadi pada sebuah computer adalah kondisi dimana komputer sering restart sendiri. Beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri, diantaranya adalah:
1. Komputer sering restart karena Processor kepanasan
Processor yang kepanasan (overheat) adalah salah satu penyebab utama komputer sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:
  1. Melihat kondisi temperature pada menu Hardware Monitor di BIOS
  2. Menggunakan program monitoring temperature seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
  3. Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperature pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
Penyebab utama dari Processor yang kepanasan ini juga terdapat beberapa hal:
  1. Kondisi kipas angin (fan) yang terdapat pada pendingin Processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena debu)
  2. Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
  3. Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
  4. Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.
Untuk mengatasi computer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ini Kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:
  1. Rutin membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor. Hal ini bisa dilakukan menggunakan kuas cat yang bersih dan vacum cleaner kecil.
  2. Menggunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin. Untuk thermal paste yang sudah kering sebaiknya diganti.
  3. Menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas. Apabila menyimpan komputer di ruangan yang cukup panas, sebaiknya lengkapi casing CPU dengan kipas angin tambahan.
  4. Menggunakan program monitoring temperature seperti misalnya CPUID Hardware Monitor http://www.cpuid.com/softwares/hwmonitor.html untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor. Screen shootnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
clip_image001



2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya
Penyebab kedua komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Hal ini bisa terjadi misalnya karena macetnya atau matinya Kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri.
3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak.
4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer tidak bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bias menjalankan program scandisk /checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan computer dengan menekan tombol shutdown.
5. Komputer sering restart karena RAM rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart. Solusinya, coba ganti RAM anda, jika komputer bisa berjalan normal, berarti masalahnya ada pada RAM yang rusak.












Posting Komentar

Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag URL YOUTUBE ANDA...
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag URL GAMBAR ANDA...
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag KODE ANDA...
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag KODE ANDA...
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag CATATAN ANDA...
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag TEKS ANDA...

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas.

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

OOT