MARKETING

 

PENGERTIAN TUGAS MARKETING

Tugas Marketing merupakan bagian dari perusahaan yang berperan penting dalam menentukan kemajuan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, bidang pemasaran memiliki fungsi untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. semakin meningkat pendapatan yang akan dicapai, maka perusahaan akan berkembang dengan baik. Dan sebaliknya, semakin menurun pendapatan yang dicapai, maka perusahaan tidak akan meningkat atau berkembang.

Meskipun, bidang marketing ini tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah perusahaan. Maka setiap kegiatan yang dilakukan organisasi ini, mempunyai hubungan dan keterkaitan dengan setiap bagian dalam perusahaan. Seperti bagian produksi, keuangan, sumber daya manusia, riset dan pengembangan. Hubungan yang tidak selaras dengan semua bagian tersebut, maka organisasi ini tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dan Tugas Marketing ini adalah menyampaikan karakteristik produk tersebut kepada masyarakat atau konsumen.

Ada beberapa cabang yang merupakan bagian dari marketing yaitu bidang promosi, sales dan komunikasi pemasaran. Hal ini perlu dipahami, karena dalam masyarakat saat ini banyak yang tidak tahu-menahu mengenai pemahaman antara marketing dan sales. Meskipun masih dalam satu lini sistem, kedua hal tersebut pada dasarnya berbeda.

Setiap bagian perusahaan memiliki fungsi masing-masing. Meskipun secara umum, tujuan dari setiap bagian tersebut adalah untuk kemajuan perusahaan. Namun secara spesifik, ada beberapa fungsi yang harus dicapai oleh setiap perusahaan. Untuk Tugas Marketing, ada beberapa hal yang menjadi fungsi dari bagian tersebut, yaitu sebagai berikut :

  1. Peran sebagai promosi : sebagai bagian yang memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut.
  2. Peran sebagai sales : pemasaran yang bertugas menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut.
  3. Peran dalam konsep komunikasi pemasaran : organisasi pemasaran berperan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjembatani antara perusahaan dan lingkungan eksternal.
  4. Peran dalam bidang pengembangan dan riset : pemasaram memiliki tugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk.

 

PROSES PEMASARAN

1. Menentukan misi perusahaan

Hal yang pertama dari setiap Tugas Marketing adalah penentuan misi perusahaan. Pernyataan misi didasarkan pada analisis yang cermat tentang manfaat yang diinginkan oleh pelanggan yang ada saat ini maupun calon pelanggan dan analisis terhadap kondisi lingkungan yang ada. Pernyataan misi seharusnya berfokus pada pasar yang ingin dilayani oleh perusahaan dan bukannya berfokus pada produk yang ditawarkan.

2. Menentukan tujuan dan sasaran

Sebelum rincian pemasaran dibuat, tujuan dan sasaran dalam rencana pemasaran harus ditetapkan.  Tanpa sasaran, tidak akan ada dasar untuk pengukuran keberhasilan suatu kegiatan rencana pemasaran. Penetapan sasaran harus memenuhi beberapa kriteria yaitu sasaran harus realistis, dapat diukur dan berjangka waktu serta sasaran harus konsisten.

3. Menentukan situasi atau analisis SWOT

Sebelum melakukan aktivitas pemasaran, para pemasar harus memahami lingkungan yang ada pada saat ini maupun lingkungan dimana suatu produk dan jasa yang akan dipasarkan. Analisis dalam situasi ini biasanya disebut analisis SWOT, dalam hal ini perusahaan harus mengidentifikasikan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Secara internal, lingkungan perusahaan memperhatikan masalah-masalah seperti loyalitas kerja, sentralisasi dalam pengambilan keputusan, kriteria promosi dan teknik pemecahan masalah. Sedangkan secara eksternal, lingkungan perusahaan diungkapkan perusahaan melalui cara dalam beraksi terhadap masalah dan peluang.

4. Membuat strategi pemasaran (pasar yang dituju dan bauran pemasaran)

Strategi pemasaran meliputi kegiatan menyeleksi beberapa target pasar, mengembangkan dan memelihara bauran pemasaran yang akan menghasilkan kepuasan bersama dengan pasar yang dituju. Strategi pemasaran yang dituju adalah mengelompokkan segmen-segmen pasar yang akan dilayani, dimana perusahaan dapat menentukan satu atau lebih segmen sebagai sasaran pemasaran. Sedangkan bauran pemasaran mencakup pada strategi produk (product), distribusi promosi (promotion), penentuan harga (price) dan tempat (place) biasa disebut dengan 4P di mana yang akan dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang ditujukan.

Marketing / Equity Sales Staff merupakan jabatan yang bergerak di bidang penjualan perusahaan, memiliki tugas utama melakukan penjualan produk perusahaan dalam ragka pencapaian target perusahaan. Selain itu seorang Marketing / Equity Sales Staff berkewajiban untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama maupun baru serta melakukan maintenance terhadap pelanggan perusahaan. Berikut deskripsi pekerjaan Marketing / Equity Sales Staff secara lebih lengkap : 

Ruang lingkup : aktivitas penjualan perusahaan 

Tugas

  1. Menjaga dan meningkatkan volume penjualan 
  2. Menyiapkan prospek klien baru 
  3. Menganalisa data keuangan klien dengan tujuan penaksiran investasi klien 
  4. Merekomendasikan strategi investasi yang sesuai dan menguntungkan untik klien 
  5. Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan 
  6. Memiliki keterampilan secara kuantitatif yang baik 
  7. Mempertahankan pelanggan yang telah ada 
  8. Memastikan pencapaian target penjualan 
  9. Membuat laporan penjualan perusahaan 
  10. Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada atasan 

Posting Komentar

Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag URL YOUTUBE ANDA...
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag URL GAMBAR ANDA...
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag KODE ANDA...
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag KODE ANDA...
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag CATATAN ANDA...
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag TEKS ANDA...

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas.

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

OOT